Facebook, sang inovator database

Ketika facebook pertama kali mencoba membuat login facebook di setiap situs, saya sempat heran. Lebih heran lagi, hampir disetiap situs yang saya kunjungi, selalu ada tulisan “login with facebook”. Lho keren juga yach facebook sampe kemana-mana bikin linknya dan dia rela membagi informasinya kepada situs-situs yang kita kunjungi. Padahal kan yang namanya database, biasanya perusahaan tidak mau membagi kepada perusahaan lain.

Bukan facebook namaya kalau tidak berinovasi. Justru disitulah keunggulan facebook. Alasan sebenarnya adalah, jika seseorang membuat login menggunakan ID facebook di situs lain, yang terjadi adalah semakin melengkapi data-data kita dalam perusahaan facebook itu sendiri. Facebook nantinya akan tahu, aktivitas kita itu apa saja. Kecenderungan-kecenderungan kita itu apa saja. Interaksi kita ke tipikal orang-orang yang seperti apa. Banyak lagi sebenarnya yang bisa didapatkan. Dengan demikian, facebook akan memiliki data perorangan yang super lengkap dibandingkan perusahaan lain, karena adanya data-data itu akan bisa memproyeksikan tindakan kita. Jadi perusahaan yang nantinya membeli database itu ke facebook, akan tahu preferensi kita itu seperti apa. Jadinya paling gampang membujuk kita, atau menyesatkan kita.

Sederhana yach apa yang dilakukan facebook. Mungkin karena saking sederhananya sulit dilihat, seperti pepatah “Gajah di pelupuk mata tidak terlihat, semut di seberang lautan terlihat”, kita tidak melihatnya dengan jelas. Di saat perusahaan lain merahasiakan database yang dimilikinya, facebook justru membuka sebesar-besarnya. Tanpa perlu repot, kita sendiri sebagai penggunanya yang melengkapinya. Go facebook.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s