Berubah itu menyakitkan

Takut, khawatir, berkeluh kesah. Itu satu hal yang saat ini kurasakan. comfort zone begitu membuaiku, sehingga ku tak berani melangkahkan kakiku untuk terbang keluar. Aku begitu nyaman dengan keadaan ini, sampai-sampai rasa bosan mulai menerpa. Sampai kapan keadaan ini akan berlanjut? Sebuah rutinitas yang tanpa henti dan semakin sulit untuk dilepaskan.

Hai kawan, ingatlah, kita ini diberikan anugerah akal oleh Allah SWT. Apakah kita mau menyia-nyiakannya, sementara banyak orang menelantarkan begitu saja anugerah terindah ini. Bahkan gunung-gunung pun takut ketika diberikan hal yang sama.

Kita harus berubah, khususnya diriku dengan segala kenyamanan ini semua. Tidak ada sesuatu yang abadi selain sebuah perubahan. Tapi mata dan hati kita seolah-olah menginginkan perubahan itu tidak terjadi. Memang apa untungnya buat diri kita perubahan itu. Kita akan melewati hari-hari yang penuh kesakitan kembali seperti awal kita merangkak mencoba belajar berdiri.

Tetapi ada pertanyaan lain yang begitu menggelitik. Kalau kita tidak berubah, sementara yang lain berubah, mau jadi apa diri kita? Ku tidak habis pikir akan adanya kenyataan itu. Pastinya ketika aku sendiri tidak berubah, yang ada ku nantinya akan terasingkan oleh perubahan yang begitu dinamis dan cepat tanpa kita sadari, atau memang kita tidak mau menyadarinya. Jadi apakah kita siap berubah? Sekarang atau nanti, mau tak mau, kita harus menjalaninya. Jangan sampai ketika keadaan sudah berubah, kita justru orang terakhir yang berubah. Wallahu Alam.

Iklan

2 comments

  1. life is like riding a bicycle,,
    Semakin cepat mengayuh… Semakin cepat berubah…
    Semakin cepat sampai di tujuan….

    Diam ditempat , tanpa melakukan apapun,,
    Go to Hell of world…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s