Deskripsi Ruangan, Meja, Mangga dan Dewi

(Tulisan ini sebagai bahan latihan dalam Training menulis Calon Reporter Bisnis Indonesia oleh Iin Squall)

Deskripsi Ruangan

Ketika kita memasuki tempat pelatihan, kita akan dihadapkan pada rasa dingin yang begitu kuat. Jika tidak kuat, tubuh kita akan menggigil. Peserta pun tidak ketinggalan mengenakan sweater atau jaket untuk menghilangkan rasa dingin yang mendera. Dengan 2 pintu besar sebagai penghalang antara dunia luar dan dalam memberikan sebuah kesan rahasia. Tidak ada jendela yang terpasang menghadap dinding tempat kita masuk, hingga sulit sekali orang luar tahu akan kegiatan kita didalamnya. 12 meja peserta telah disusun dengan rapi untuk 14 peserta pelatihan. Layar proyektor pun terkembang dengan megah menatap ke 12 peserta dengan sumringah dengan dudukan segitiga berdiri tegak menopang tubuhnya.

Antusiasme peserta memberikan tekanan terhadap atmosfir ruangan. Keheningan meliputi ruangan, hanya terdengar suara bisikan AC yang setia menemani peserta dan suara trainer yang sigap serta antusias menerangkan setiap materi membuat suasana pelatihan tidak membosankan. Tidak luput laptop pun yang telah tersedia di setiap meja. Berbagai desain, merek, dan ukuran telah tampak berada di atas meja yang alasnya terlapisi tekstur halus kayu berwarna coklat muda. Sebagian telah disiapkan oleh pengurus pelatihan, namun sebagian lagi telah dimiliki peserta secara langsung. Toshiba dengan desain tipisnya, HP, sebuah netbook ukuran kecil yang diperuntukan membantu peserta pelatihan, dan axioo, produk local yang tidak kalah bertenaganya dibandingkan merek lain selalu tersambung dengan jari-jari setiap peserta, tanpa kenal lelah keypad-nya ditekan hingga menghasilkan sebuah tulisan yang bermakna.

Deskripsi Meja

Screen saver logo windows masih menari-nari di screen laptop Toshiba trainer yang berada di atas meja berlapis kayu dengan tekstur halus. Posisi laptop yang 135 derajat memudahkan sang trainer mengamati screen laptop. Tampak 5 spidol yang digunakan untuk pelatihan yang berada dalam tumpukan 4 selotip. 2 merah, 2 hitam dan satu lagi berwarna biru. Satu spidol tampak lepas dari tumpukan lainnya, yang kini berada di depan laptop dengan ditemani sebuah remote yang tak jauh disampingnya. Sobekan kertas yang tak terpakai menindih microphone yang telah digunakan masih tergeletak tak bergeming. 2 speaker berdiri bersisian di sebelah kiri laptop berdempetan, seperti tak mau terpisahkan. Tak jauh darinya, 1 gelas terisi hampir habis larutan redoxon, sementara satunya masih utuh air putih, tertutup tatakan gelas kertas berwarna putih. Seongok kue pastel yang masih terbalut plastik tersisa dalam piring kecil porcelain, sementara yang satunya kosong melompong.

Deskripsi Mangga

Kawanku yang baik, kamu telah bertanya tentang buah mangga kepadaku. Dengan surat ini, aku akan berusaha untuk menjelaskan sebisanya. Bentuknya seperti bola rugby, jika engkau suka menonton pertandaingan football amerika maka kamu akan tahu bentuknya seperti apa, bentuknya bulat lonjong hanya saja ukurannya lebih kecil, berwarna kuning emas didalamnya dilapisi hamparan hijau di luarnya seperti hamparan tundra di daerahmu. Mungkin kamu juga perlu tahu rasanya, rasanya begitu manis bila sedang matang-matangnya, namun ada pula juga yang asam sampai melilit lidah. Apalagi dengan kilauan warna kuning yang menggugah rasa, membuat kita ingin segera menyantapnya jika telah berada dihadapannya.

Dalam kondisi matangnya, akan tercium bau semerbak khas mangga, tidak ada bau dari buah lain yang setara dengannya, kamu pasti tahu seandainya kamu mengendusnya pun. Kadang kala jika pun belum matang, atau masih setengah matang, kita sering membuat olahan dari mangga itu berupa rujakan. Tapi biasanya rujakan akan dipadukan dengan buah-buahan yang lain. Dengan ulekan sambal plus gula jawa, rasanya semakin pas di lidah. Sepotong demi sepotong buah tersebut akan memanjakan lidahmu, mengundang liur menetes di peraduan mulut hingga kamu tidak akan terlupakan memakannya.

Untuk memakannya, kamu harus mengupasnya terlebih dahulu. Buang kulit hijaunya, lalu kita akan menemui daging mangga yang akan kita makan, tapi temanku jangan lupa, bahwa didalamnya ada biji mangga, yang memang tidak bisa dimakan. Namun dengan kita menanamnya akan menjadikan pohon mangga yang akan menghasilkan ratusan mangga.

Kalau disini harganya murah, karena kami memang merupakan daerah tropis, pasokan mangga akan banyak,apalagi jika memang sedang musim-musimnya. Jadi kami tidak kesulitan untuk mendapatkannya. Hanya itu yang bisa aku ceritakan untuk saat ini. Selamat berburu buah mangga kawanku.

Deskripsi Dewi

Keseriusan tampak di wajah wanita tersebut. Dengan tatapannya yang berbalut kacamata, jari-jemarinya masih tetap focus pada laptop yang berada didepannya. Sesekali dia melihat obyek tulisannya. Dengan konsentrasi, akhirnya dia mulai menulis huruf demi huruf. Kakinya pun disilangkan, agar suasana hati menjadi rileks. Waktu telah menunjukkan pukul 4.21 WIB di ruang pelatihan lantai 8 wisma Bisnis Indonesia, namun lelah belum terlihat dari wajahnya. Wanita tersebut adalah Dewi, seorang calon reporter yang mengikuti pelatihan untuk surat kabar nasional Bisnis Indonesia. Dengan sweater putih dan berbando merah membuat penampilannya sedap dipandang. Sesekali terlihat ia mengedit tulisannya agar deskripsi tulisannya sesuai dengan objek yang diamati. Jika ternyata masih ada yang kurang, sering dia menggelengkan kepalanya secara tak disadarinya untuk mengisyaratkan bahwa ada sesuatu yang salah dengan tulisan yang dibuatnya. Akhirnya tulisan pun selesai dibuatnya. Hal terakhir yang dilakukannya adalah memeriksa ulang isi tulisannya agar sesuai dengan apa yang dimaksudkan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s