Kemerdekaan

Arti kemerdekaan bagi setiap orang itu berbeda-beda. Tidak ada definisi yang pasti akan arti kemerdekaan untuk semua orang, yang ada hanya bersifat subjektif (definisi pribadi menurut orang tersebut). Bagi saya, kemerdekaan adalah kita bebas berpendapat, bertindak, dan berperilaku tanpa ada sebuah paksaan, hambatan, bahkan ancaman dari apa pun. Jika misalnya kita bertindak, namun masih memikirkan pendapat orang lain, hingga akhirnya keputusan yang diambil secara tidak langsung sudah dipengaruhi oleh orang lain, berarti sebenarnya kita belum merdeka, karena keputusan kita bukan merupakan keputusan memang kita inginkan secara pribadi, tetapi telah terkontaminasi oleh hal-hal yang diinginkan orang lain.

Kebebasan disini bukan berarti kebebasan yang sebebas-bebasnya karena hal yang harus diingat adalah, setiap tindakah yang kita lakukan tentunya akan ada tindakan tersebut yang memberikan dampak bagi orang lain secara langsung atau tidak langsung. Jadi disini, suka atau tidak suka, kita juga harus memperhatikan tindakan kita, dan pengaruhnya bagi orang lain. Manusia itu adalah makhluk sosial yang tentu saja hidup kita tidak mungkin sendirian, kita membutuhkan orang lain. Apa ada orang yang bisa hidup sendirian? ketika kita dilahirkan, ibu kita telah menyusui kita, memberikan arahan-arahan dalam hidup kita. Guru pun melakukan hal yang sama. Tanpa seorang guru, kita tidak mungkin bisa berpikir analitis seperti sekarang ini.

Mungkin kini, saatnya kita merenung. Menjadikan 17 Agustus ini sebagai hari refleksi bagi diri kita. seberapa jauh, kemerdekaan itu telah ada dalam diri kita, dan seberapa besar tindakan kita merugikan atau justru menguntunkan orang lain?

by: Iin Squall

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s